ANALISIS PERSEPSI USAHA MIKRO TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA DARING DI KOTA SAMARINDA
Sari
ABSTRAK
Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui persepsi pelaku usaha mikro terhadap pemanfaatan media sosial dalam mendukung kinerja usaha di Kota Samarinda. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan wawancara serta observasi secara langsung di lokasi responden dan dengan cara studi literatur seperti jurnal, artikel, hasil riset, buku dan arsip dari masing-masing kecamatan, Dinas UMKM Kota Samarinda. Penelitian ini berfokus hanya pada persepsi pelaku usaha mikro yang bergerak dalam bidang jasa, bidang dagang dan bidang manufaktur. Penelitian ini dilakukan di 10 (sepuluh) kecamatan yang ada di Samarinda yaitu Kecamatan Samarinda Kota, Kecamatan Samarinda Ilir, Kecamatan Samarinda Seberang, Kecamatan Samarinda Ulu, Kecamatan Samarinda Utara, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kecamatan Palaran, Kecamatan Sambutan, Kecamatan Sungai Kunjang dan Kecamatan Sungai Pinang. dengan sampel penelitian sebanyak 100 buah. Jumlah sampel didapat dengan perhitungan rumus Slovin. Adapun Kesimpulan Kajian Analisis Persepsi Usaha Mikro Terhadap Pemanfaatan Media Daring Di Kota Samarinda adalah (1) Masih terbatasnya pemanfaatan media daring pada pelaku Usaha Mikro baik dilihat dari penggunaan komputer ataupun handphone maupun internet dalam pengelolaan usahanya. (2) Beberapa faktor-faktor kunci penghambat yang menentukan tingkat pemanfaatan media daring pada pelaku Usaha Mikro di Kota Samarinda ini yaitu (a) Rendahnya pemahaman terhadap manfaat teknologi informasi terutama media daring dalam pengembangan usaha; (b) Rendahnya ketersediaan investasi teknologi informasi; (c) Masih rendahnya dukungan lembaga pemerintah. (3) Sedangkan beberapa faktor-faktor kunci pendukung yang menentukan tingkat pemanfaatan teknologi informasi pada pelaku Usaha Mikro di Kota Samarinda ini yaitu (a) Ketersediaan sumberdaya manusia dari sisi pendidikan yang relatif baik; (b) Kemampuan individu dari pelaku usaha mikro yang relatif baik dalam informasi dan teknologi dan dalam pemanfaatan media daring (e-commerce).
 Kata kunci: Usaha Mikro; Media Daring; Teknologi Informasi.
Â
ABSTRACT
 The purpose of this study was to find out perceptions about micro-enterprises on the use of social media in supporting businesses in Samarinda City. The method of data collection in this study was conducted with questionnaires and interviews as well as direct observation at the respondent's location and by means of literature studies such as journals, articles, research results, books and archives from each Sub-District, Samarinda UMKM Service. This research only supports micro business printing that is engaged in services, trade and manufacturing. The study was conducted in 10 (repetitive) sub-districts in Samarinda, namely Samarinda Kota Sub-District, Samarinda Ilir Sub-District, Samarinda Seberang Sub-District, Samarinda Ulu District, North Samarinda Sub-District, Loa Janan Ilir Sub-District, Palaran District, Sambutan District, Sungai Kunjang District and District Sungai Pinang. with a sample of 100 pieces. The number of samples is obtained by calculating the Slovin formula. Based on the conclusions of the Micro Business Perception Analysis Study on the Use of Online Media in Samarinda City are (1) The limited use of online media on the dangers of Micro-Business both from the use of computers and cellphones and the internet in managing their businesses. (2) Some key inhibiting factors that determine the level of utilization of online media in the efforts of Micro Enterprises in Samarinda City are (a) Low understanding of the benefits of information technology requires online media in business development; (b) Information technology investment is low; (c) Still low support from government institutions. (3) While some of the key supporting factors that determine the level of development of information technology in Micro businesses in Samarinda City are (a) Development of human resources in terms of education that is relatively good; (B) Individual abilities of micro businesses that are relatively good in information and technology and in the use of online media (e-commerce).
Keywords: Micro business; Online media; Information Technology.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amirin, T. M. (2011). Populasi dan sampel penelitian 4: Ukuran sampel rumus Slovin. Jakarta: Erlangga.
Bao, J dan Sun, X. (2010). A Conceptual Model of Factors Affecting e-Commerce Adoption by SMEs in China, in 2010 Fourth International Conference on Management of e-Commerce and e- Government (ICMeCG), 2010, pp. 172 –175.
Hariati, Ikhsan, & Nur, D. S. (2018). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Paradigma, 7(2), 84–93.
Ningtyas, P. K., Sunarko, B., & Jaryono. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM. Performance, 21(1), 95–107.
Pangarso, A., Fajar Firdaus, F., & K. Moeliono, N. (2016). Peran Internet Dalam Saluran Komunikasi Pemasaran Produk UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 50–62.
Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 93. Jakarta: Sekretariat Negara.
Setiawati, I., Novandalinda, A., & Prihatiningsih, R. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Online Dalam Peningkatan Penjualan Dan Laba Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 1–12.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online terhadap Peningkatan Laba UMKM. In BIMA (Bingkai Manajemen) (pp. 343–347).
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L. lu’ul. (2016). Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas Development. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136–147.
Turban, T. (2009). Introduction to Electronic Commerce, 2nd ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
DOI: https://doi.org/10.36087/jrp.v1i2.37
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexing :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.